Tips Perawatan Bonsai Yang Perlu Diperhatikan

Kali ini kita akan membahas tips dan cara perawatan bonsai agar tanaman ini dapat hidup dengan waktu yang lama. Pohon bonsai merupakan salah satu tanaman hias yang banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia. Bentuk dari bonsai ini cukup beraneka macam dan terlihat cantik untuk di pajang di ruang tamu rumah.

Tips Perawatan Bonsai Yang Perlu Diperhatikan

1. Sesuaikan Tanaman Bonsai Dengan Cuaca

Silahkan kamu pilih jenis spesies yang cukup cocok dengan iklim cuaca yang di mana tanaman tersebut akan tumbuh. Misalnya, bermacam-macam pohon akan mati saat terkena cuaca dingin. Sementara jenis tanaman lainnya memerĺukan suhu lebih rendah agar bisa hidup. Sebelum kamu membikin pohon bonsai unik, pastikan terlebih dahulu bahwa pohon tersebut bisa hidup di tempat tinggal kamu.

Kamu juga dapat bertanya-tanya terlebih dahulu kepada komunitas tanaman bonsai dan penjual tanaman tersebut. Supaya dapat memilih tanaman yang cocok untuk di kembangkan menjadi pohon bonsai.

2. Pilih jenis tanaman yang aman

Salah satu jenis pohon bonsai yang sangat mudah untuk di kembangkan oleh pemula yaitu jenis juniper. Bonsai juniper sendiri sering di sebut jenis bonsai yang paling mudah dan simpel untuk ditanam di antara tanaman bonsai lainnya. Karena daya tahan bonsai tersebut sudah terkenal sejak lama ketika di bawah sinar matahari.

Tidak seperti tanaman lain yang perlu kecenderungan untuk tumbuh di dalam atau luar. Pohon jenis ini dapat kamu besarkan di dalam dan luar ruangan rumah, tergantung dari keinginan pemilik. Selain itu pohon juniper ini ketika di pangkas batang nya akan merespons dengan baik. Oleh sebab itu banyak pemula yang lebih memilih tanaman ini. Tanaman juniper ini terkenal dengan daun nya yang akan hijau dengan waktu yang sangat lama. Buat kamu yang tertarik dengan pohon bonsai, maka tanaman ini kami sarankan untuk di jadikan bonsai. Kamu dapat membeli bibit-bibit nya terlebih dahulu. Harga dari bibit tanaman ini cukup murah dan pasti nya terjangkau bagi siapa saja.

3.Tentukan Tempat tanaman di dalam tips perawatan bonsai

Sebelum kamu ingin memulai memelihara pohon bonsai. Tentukan terlebih dahulu lokasi tanaman yang ingin kamu buat, apakah di dalam rumah atau luar ruangan. Keduanya mempunyai kebutuhan yang sangat berbeda-beda. Pada umumnya menanam bonsai dalam ruangan akan menjadi kering. Karena cahaya yang di terima bonsai tersebut lebih sedikit daripada di luar rumah.

Oleh sebab itu jika kamu ingin mengembangkan dan menanam bonsai maka lebih baik di ruangan yang terdapat banyak cahaya. Sehingga hasil dari pohon bonsai akan indah dan menarik.

4. Tips Perawatan Bonsai selanjutnya: Tentukan Ukuran Pohon Bonsai

Jika kamu ingin memelihara bonsai pilihlah terlebih dahulu ukuran pohon bonsai yang di butuhkan dan diinginkan. Pohon bonsai sendiri mempunyai beraneka macam ukuran yang bervariasi mulai dari 10 cm hingga 3 meter. Itu tergantung dari tanaman spesies nya.

Jika kamu lebih memilih memelihara bonsai melalui bibit atau memotong dari tanaman lain. Maka kamu dapat membikin bonsai hias yang lebih kecil. Tanaman sendiri juga memerlukan adanya air, tanah, hingga cahaya matahari yang cukup banyak. Perlu mengerti mengenai kebutuhan tanaman tersebut dan apakah kamu dapat memenuhi kebutuhan nya. Untuk menentukan jumlah ukuran bonsai, ada berbagai hal yang perlu di pikirkan antara lain:

  • Ukuran pot yang ingin di pakai.
  • Tempat untuk meletakan pohon bonsai.
  • Harus mengerti cahaya matahari yang akan di dapatkan oleh bonsai.
  • Berapa lama kamu dapat menginvestasikan waktu untuk merawat pohon bonsai.

Semakin besar tanaman tersebut, maka semakin lama juga waktu yang perlu di butuhkan untuk merawat nya.

5. Beli Dan Pilih Tanaman Yang Tepat

Tips perawatan bonsai selanjutnya adalah Kamu harus memilih tanaman yang berkualitas untuk jangka waktu panjang. Adapun ciri cirinya adalah mempunyai kekuatan hidup dan tanaman tersebut akan berdaun sehat. Jika kamu ingin menanam pohon bonsai melui bibit, kamu perlu mengatur perkembangan dan pertumbuhan pohon tersebut. Namun itu semua tergantung dari spesiesnya. Tapi kamu mungkin memerlukan waktu sekitar tiga tahun sampai bibit tersebut dapat menjadi pohon bonsai tinggi.

Tips yang pertama bisa kami sampaikan adalah jika kamu tidak ingin terlalu lama menunggu tanaman bonsai memiliki bentuk sempurna. Maka lebih baik membeli langsung pohon bonsai yang siap untuk di pajang.

6. Memilih Sesuai Keinginan

Faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam tips perawatan bonsai, untuk memutuskan pot yang akan di pakai yaitu ukuran pot harus besar dan kuat. Sehingga ketika di gunakan akan tahan lama hingga jangka waktu lama.

Pohon tersebut biasanya akan menyerap air dari tanah lewat akar, maka wajib memperhatikan pula antara estetika pot dengan pohon bonsai yang akan di buat. Sebab, ketika menanam pohon tersebut tidak seperti menanam tanaman pot lainnya.

Pot yang besar tentu nya dapat menampung tanah dan air dengan jumlah yang banyak, sehingga hasil dari pohon bonsai tersebut akan tumbuh dengan cepat dan bentuk nya indah.

Baca juga : Seni Tanaman Bonsai

7. Memastikan Bentuk Bonsai Sesuai Keinginan

Sebelum meletakan di pot, pastikan dulu pohon bonsai telah di potong dengan sesuai keinginan dan kebutuhan. Salah satu cara nya yaitu memberikan sebuah kawat di sekitar pohon tersebut.

Tips perawatan bonsai dengan memastikan pohon tersebut dalam keadaan segar dan sehat sebelum di letakan ke dalam pot. Bagi tanaman sendiri, ini merupakan sebuah proses adaptasi yang sangat melelahkan. Sebelum melakukan pemindahan, kurangi dahulu penyiraman pada tanaman tersebut. Karena tanah yang terlihat tidak keras dan cukup kering akan membikin pemindahan menjadi semakin mudah di bandingkan dengan tanah basah.

Kamu juga harus berhati-hatilah saat memindahkan pohon bonsai dari pot dan pastikan juga tidak akan mematahkan batang utama. Biasanya para penggemar bonsai ini menggunakan alat bantu untuk mengeluarkan tanaman. Bersihkan beberapa kotoran yang sudah menempel pada akar, tidak perlu hingga bersih, lalu pangkas akarnya.

8. Tips Perawatan Bonsai Berikutnya adalah Merawat Bonsai Secara Rutin

Pohon yang biasanya sering di pindahkan ke pot akan melewati masa adaptasi yang sangat sulit dan waktu lama. Maka kamu perlu menjaga kesehatan tanaman saat pertama kali di tanam. Selama tiga sampai empat minggu pertama. Letakan tanaman tersebut di area yang terkena sinar matahari.

Jadi itulah penjelasan lengkap mengenai tips dan cara Perawatan Bonsai agar dapat menghasilkan pohon yang indah dan cantik. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam melakukan pengembangan pohon bonsai.

Was this helpful?

0 / 0

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pohon Bonsai

Bonsai ID : Budidaya Pohon Bonsai