Gaya Tanaman Bonsai ID

gaya tanaman bonsai

Gaya Tanaman Bonsai Id atau bentuk bisa beragam dan unik, tergantung pada preferensi dan gaya dari para seniman tanaman bonsai. Fungsi tanaman tidak hanya untuk menenangkan dan menyejukan udara saja, tetapi tanaman juga bisa Anda manfaatkan untuk seni keindahan. Salah satunya melalui gaya bonsai yang beraneka ragam bentuknya.

Beberapa gaya tanaman bonsai akan tampak terlihat karakter uniknya. Hal itu karena setiap gaya memiliki arti dan maknanya masing-masing. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda menanam tanaman bonsai sebagai tambahan nilai estetika.

Macam-Macam Gaya Tanaman Bonsai Id

Bonsai merupakan jenis tanaman elegan yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan ukuran asli tanaman lain. Sehingga, untuk memberikan sentuhan gaya tanaman pun akan terasa lebih mudah.

Inilah beberapa inspirasi gaya bonsai yang bisa Anda jadikan referensi pilihan.

1. Gaya Hokidachi atau Gaya Sapu

Pertama yaitu gaya hokidachi atau gaya sapu. Tanaman bonsai dengan gaya ini mempunyai dahan dan dedaunan yang telah rontok. Dimana cabang-cabangnya pun akan membentuk layaknya jamur.

Uniknya lagi gaya bonsai sapu ini tampak indah dengan rontoknya dedaunan. Apalagi jika ada cabang tanaman yang menjulur hingga membentuk seperti payung.

2. Gaya Chokkan atau Gaya Tegak Lurus

Selanjutnya ada gaya bonsai bernama bonsai gaya chokkan atau gaya tegak lurus. Gaya yang tidak kalah cantik ini layaknya gaya formal. Dimana bagian batangnya dibuat tegak dengan lurus runcing dari bawah ke atas.

Untuk ukurannya pun terlihat mengecil ke atas. Sehingga, cabang-cabang tanaman yang dimiliki oleh bonsai ini harus ideal serta jarak anterior ke akar lebih sempit. Dengan begitu, akar akan tampak merambat ke segala arah.

Baca juga: Jenis-Jenis Tanaman Bonsai yang Bagus untuk Penghias Rumah

3. Gaya Shakan atau Gaya Miring

Tidak hanya kedua gaya tanaman bonsai itu saja, gaya shakan atau gaya miring juga harus Anda lihat dengan baik-baik. Hal ini karena bentuknya yang unik menyerupai tanaman yang tertiup angin.

Anda akan menjumpai batang tanaman yang tegak lurus ke atas, tapi miring sekitar 60 hingga 80 derajat. Sedangkan dedaunan dan dahan akan tetap tumbuh tegak ke atas. 

4. Gaya Tanaman Bonsai Id(Gaya Sarung Angin)

Gaya yang satu ini mungkin akan terkesan lebih mengalami paksaan. Pasalnya batang dan dahan tanaman bonsai hanya condong ke satu arah saja, tapi dengan ukuran yang lebih panjang daripada pohonnya itu sendiri.

Sehingga, gaya ini akan tampak seperti gaya menggantung dengan batang dan dahan membentuk garis paralel.

5. Gaya Moyogi atau Gaya Berkelok-kelok

Gaya bonsai yang satu ini cukup terkenal, karena bentuknya menyerupai pohon asli yang terdapat pada alam. Dimana batangnya akan berkelok seperti liuk ular yang sangat indah.

6. Gaya Ikadabuki atau Gaya Batang Jatuh

Gaya berikutnya yaitu gaya ikadabuki atau batang jatuh. Batang tanaman banyak dan hanya berdiri pada satu pohon saja. Gaya ini menggambarkan batang yang tertidur menyentuh tanah dan memiliki usia yang sangat tua.

7. Gaya Soup atau Gaya Batang Ganda

Gaya bonsai ini biasanya tumbuh satu tanaman, namun mempunyai dua batang yang membelah diri. Setiap batangnya memiliki daun masing-masing yang tertata rapi dan indah untuk Anda pandang.

8. Gaya Exposed Root Style atau Gaya Menonjolkan Akar

Seperti namanya, gaya bonsai exposed root memiliki karakter dengan akar yang terlihat menonjol dan banyak. Biasanya akar tanaman akan menyerupai hewan, organ manusia, kotoran dan naga. 

9. Gaya Tanaman Bonsai Gaya Kengai atau Cascade Bonsai Style

Gaya bonsai yang disebut juga dengan gaya bonsai air terjun ini memiliki batang yang menggantung ke bawah. Biasanya jika tumbuh secara liar, bentuknya terpengaruh dari tertimpanya batu atau kesalahan tanaman mencari makan.

10. Gaya Tanaman Bonsai Gaya Bunjin atau Gaya Bonsai Literati

Terakhir ada gaya bonsai bernama gaya bunjin atau gaya bonsai literati. Gaya Bunjin menggambarkan perjuangan tanaman melawan cuaca buruk. Tanamannya cukup tinggi dengan batang langsing dan cabang sedikit.

Itulah gaya bonsai yang bisa Anda jadikan referensi pilihan. Pilih salah satu dan fokuskan diri Anda untuk mendapatkan hasil gaya tanaman yang maksimal sesuai keinginan Anda.

Was this helpful?

0 / 0

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pohon Bonsai

Bonsai ID : Budidaya Pohon Bonsai