3 Fakta Bonsai Adenium

Bonsai adenium

3 Fakta Bonsai Adenium

3 fakta bonsai adenium: memiliki jenis yang beragam, bermanfaat untuk kesehatan, dan dapat di olah menjadi minyak. Bagaimana cara merawatnya? Yuk kita simak bersama-sama. Jika sedang mencari tanaman hias untuk dipajang di rumah, bonsai adenium bisa menjadi pilihanmu. Selain cantik, tanaman ini juga memiliki keunikan tersendiri. Menariknya lagi, bunga adenium mampu bertahan meskipun di lingkungan kering.

Cukup banyak penyuka tanaman hias yang akhirnya merawat bunga adenium. Kelopaknya yang berwarna terang mencolok membuat bunga ini mudah kamu kenali.

Mengenal Bonsai Adenium

Bonsai sendiri berarti miniatur tanaman. Jenis tanaman ini mengutamakan sisi keindahan dari bentuknya. Kesenian tanaman bonsai cukup populer di kalangan lansia pecinta tanaman-tanaman di Jepang, salah satunya bonsai dengan bunga adenium.

Adenium atau kamboja Jepang merupakan salah satu jenis tanaman bunga hias yang populer di Indonesia. Bunga ini berasal dari percampuran antara benua Afrika dan Asia Barat. Itulah sebabnya spesies adenium lebih jarang ditemui.

Kamboja Jepang termasuk dalam keluarga Apocynaceae. Artinya, adenium mampu tumbuh dengan baik di daerah dengan iklim kering. Artinya, bunga ini juga memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi. Karena alasan tersebut, banyak orang memilih merawat adenium di rumah.

3 Fakta Unik Bonsai Adenium

Bukan tanpa alasan bunga adenium menjadi tanaman hias yang populer. Rupanya, bunga ini memiliki banyak keunikan, antara lain sebagai berikut.

1. Variasi Nama dan Jenis yang Beragam

Bonsai adenium memiliki variasi nama yang beragam. Misalnya di Malaysia, tanaman hias berbunga indah ini dikenal dengan sebutan kamboja China. Sementara di Thailand sebutannya adalah Chuanchom. Adapun di China, adenium bernama fook hoi hwa.

Selain itu, tanaman ini memiliki sekitar 200 jenis atau spesies yang tersebar di berbagai wilayah. Keragaman spesies ini menambah daya tarik tanaman adenium sebagai pilihan bonsai yang menarik untuk menjadi koleksi di rumah.

2. Bermanfaat untuk Kesehatan

Tidak hanya memiliki keindahan estetika, bonsai kamboja jepang juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Beberapa manfaatnya antara lain menurunkan suhu tubuh, mengatasi radang gusi, seriawan, dan pembengkakan kaki. 

Ekstrak adenium juga berguna untuk mengobati luka, kulit wajah kasar, sakit gigi, koreng, dan bisul. Selain itu, adenium diketahui dapat meningkatkan nafsu makan. Manfaat tersebut tetap harus didasarkan pada konsultasi medis ya!

3. Dapat Diolah Menjadi Minyak

Bonsai adenium bisa menjadi salah satu bahan dalam pembuatan minyak esensial. Minyak esensial yang mengandung kamboja Jepang memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan. Selain itu, minyak tersebut juga dapat dapat menjadi pengusir nyamuk.

Bnga adenium tanpa pengolahan tambahan juga dapat berguna sebagai tanaman pengusir nyamuk. Kamu hanya perlu menaruhnya di dalam rumah misalnya dekat jendela agar aroma tanaman masuk dan mengusir nyamuk di dalamnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Tanaman Bonsai yang Bagus untuk Penghias Rumah

Nah, itu dia fakta mengenai bonsai adenium. Selain tampilannya yang cantik, tanaman hias ini memiliki banyak manfaat bukan? Tidak salah bila kamu ingin merawat dan memajangnya di rumah.

Was this helpful?

0 / 0

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pohon Bonsai

Bonsai ID : Budidaya Pohon Bonsai