3 Fakta Bonsai Bougenville Unik, Cocok Menghiasi Rumah!

bonsai bougenville unik

3 fakta bonsai bougenville, Bunga atau bonsai bougenville unik dari segi warnanya menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang hobi mengoleksi tanaman hias. Di Indonesia sendiri terdapat 18 jenis bougenville yang rutin berbunga setiap tahun.

Tanaman ini tumbuh subur pada iklim tropis dan subtropis. Adanya bonsai bougenville kerap menjadi pajangan untuk mempercantik halaman atau teras rumah.

3 Fakta Bonsai Bougenville Unik

Di balik keindahannya, bunga bougenville bisa kamu rawat dengan teknik menanam bonsai. Dengan menjadikannya sebagai tanaman bonsai, bougenville lebih mudah dipindah-pindahkan. Tentu perawatannya semakin mudah bukan?

Agar mampu menghasilkan bonsai bougenville yang bertahan lama, kamu perlu mengetahui fakta menarik dari tanaman hias ini. Apa saja?

1. Tidak Membutuhkan Banyak Air

Dari segi karakteristiknya, bonsai bunga kertas atau bougenville membutuhkan sedikit air untuk berkembang. Bahkan, meskipun di daerahmu hanya hujan beberapa kali, kamu tidak perlu menambah air untuk penyiraman bonsai bougenville.

Sementara itu, selama musim panas atau pada lokasi kering, tanaman hias ini membutuhkan air rutin setiap satu hingga dua mingguan. Karena kemampuannya dalam menyimpan air di dalam batang dan daun inilah yang memungkinkan bougenville bertahan dalam kondisi lingkungan kering.

2. Mudah Merambat

Kamu pasti sering melihat bunga kertas atau bougenville ini merambat ke pot-pot atau media tanam di sekitarnya. 3 Fakta bonsai bougenville seperti ini memang telah banyak diketahui karena tanaman bougenville sendiri yang berkembang dengan stek.

Stek melibatkan pemotongan dan penanaman, dengan stek bougenville, kamu bisa mengambil cabang atau tunasnya, lalu menanam pada media tanam yang sesuai untuk membentuk bonsai baru.

3. 3 Fakta Bonsai Bougenville untuk Kesehatan

Di samping bunganya yang indah, tanaman ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Bunga bougenville kaya akan antioksidan sehingga bisa membantu membunuh radikal bebas dalam tubuh. 

Tanaman bougenville juga memiliki efek Anti-inflamasi. Dampaknya bisa mengurangi peradangan dan meredakan batuk atau sakit tenggorokan. Daun bougenville yang diekstraksi bisa digunakan untuk mengobati diare dan penyakit pencernaan lainnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Tanaman Bonsai yang Bagus untuk Penghias Rumah

Itulah tiga fakta bonsai bougenville unik yang patut kamu jadikan tanaman hias. Selain manfaat estetika, kamu juga bisa mengambil manfaat kesehatan atau nilai jual dari tanaman hias bonsai bougenville.

Was this helpful?

2 / 0

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pohon Bonsai

Bonsai ID : Budidaya Pohon Bonsai