Kategori
Cetak

Bonsai Pinus

Bonsai Pinus

Bonsai pinus adalah sejenis pohon mini yang biasanya ditanam dalam pot dan sangat populer dikalangan penggemar bonsai. Dan erat kaitannya dengan bentuk seni bonsai Jepang. Pohon pinus memiliki dedaunan hijau yang menarik seperti jarum dan biasanya dibentuk menjadi bentuk yang menarik dan artistik.

Spesies umum untuk pinus termasuk pinus scots, pinus putih, dan pinus hitam. Pohon-pohon tersebut memerlukan pemangkasan sering agar tetap kecil dan padat. Pinus juga harus disimpan di luar ruangan, karena jenis tanaman ini memerlukan banyak cahaya.

Penyiraman Bonsai Pinus

Pohon bonsai harus disiram secara teratur dengan kedalaman. Siram pohon sampai tanah menjadi lembab, tetapi tidak menggenang. Biarkan tanah sedikit mengering diantara penyiraman. Selama bulan musim panas, pohon mungkin perlu disiram setiap hari atau dua hari sekali.

Selama musim dingin, penyiraman terbaik pohon adalah dua hingga minggu sekali. Dan frekuensi penyiraman juga sebaiknya disesuaikan dengan iklim dimana pohon tumbuh.

Sinar Matahari

Pohon pinus sebaiknya menerima matahari langsung selama 3 hingģa 4 jam setiap harinya. Sinar matahari pagi lebih baik karena intensitasnya kurang dan tidak akan membakar daun.

Selama musim panas dengan cuaca ekstrim, sebaiknya pohon pinus sedikit mendapat naungan atau penyinaran tidak langsung.

Pemangkasan

Pemangkasan merupakan bagian penting dalam perawatan pinus. Hal ini harus dilakukan secara berkala agar pohon tetapbsehat dan bugar. Pangkas pohon dengan membuang cabang yang mati, sakit atau rusak, serta cabang yang tumbuh ke arah yang salah atau terlalu berdekatan.

Pertahankan bentuk yang diinginkan, potonglah cabang yang tumbuh panjang. Dan selalu memotong cabang dengan alat pemotong yang tajam.

Repotting Bonsai Pinus

Bonsai harus direpotting setiap dua hingga tiga tahun selam musim semi atau musim panas. Gunakan pot dangkal dengan drainase yang baik, campuran tanah akadama, batuan apung, dan abu vulkanik jika ada. Saat direpotting, kendurkan bola akar secara perlahan dan buang semua akar yang mati atau rusak. Pangkas kembali, minimal sepertiga akar dan tempatkan pohon di pot baru. Sirami pohon secara menyeluruh setelah direpotting.

Daftar Isi
Pohon Bonsai

Bonsai ID : Budidaya Pohon Bonsai