Budidaya Bonsai Pohon Beringin

Budidaya Bonsai Pohon Beringin

Budidaya Bonsai pohon beringin atau Ficus benjamina, dapat di budidayakan dengan mudah di berbagai daerah yang beriklim sedang hingga tropis.

Teknik Budidaya Bonsai Pohon Beringin

Pemilihan bibit pohon beringin yang berkualitas

Pilih bibit pohon beringin yang sehat dan memiliki akar yang baik. Anda dapat membeli bibit pohon beringin di petani lokal yang menyediakan bibit beringin. Berikut beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih bibit tanaman:

  • Pilih bibit yang tampak sehat dan kuat. Hindari bibit dengan tanda-tanda penyakit, kerusakan, atau daunnyang layu.
  • Periksa akar bibit, akar harus banyak dan kuat serta berwarna terang. Hindari bibit dengan akar yang rusak atau terpotomg.
  • Pilih bibit dengan tunas yang baik, dan tunas harus berwarna hijau demgan daun yang tidak rusak.
  • Periksa batang bibit, dan memastikan tampak kuat dan tidak retak.
  • Perhatikan bibit melalui daunnya. Daun harus berwarna hijau dan hindari daun berwarna kuning atau layu.
  • Anda juga harus memperhatikan ukuran bibit pohon beringinbyang akan di jadikan bonsai. Memilih bibit dengan ukuran kecil akan mempermudah membentuk tanaman bonsai sesuai keinginan.

Mempersiapkan Lahan

Sebelum memperoleh bibit pohon beringin, alangkah baik jika Anda telah mempersiapkan lahan untuk menanam bibit pohon beringin. Persiapkan lahan yang cukup dan baik untuk pohon beringin tumbuh dengan baik. Lahan yang baik harus memiliki drainase dan memastikan lahan terkena sinar matahari.

Penanaman bibit pohon beringin

Tanam bibit pohon beringinb di lubang yang telah di persiapkan sebelumnya. Memastikan akar tertanam dengan baik dan tidak ada rongga udara di dalam nya. Selanjutnya Anda dapat menyiram tanaman dengan air secukupnya.

Penyiraman dan pemeliharaan pohon beringin

Pohon beringin membutuhkan penyiraman yang teratur untuk pertumbuhannya. Pastikan tanah tetap lembab, tetapi tidak tergenang air karena dapat menyebabkan pembusukan akar tanaman beringin. Lakukan pemangkasan rutin untuk mempertahankan bentuk dan ukuran yang di inginkan.

Pemupukan tanaman beringin

Berikan pupuk organik atau pupuk khusus tanaman hias secara teratur untuk memberikan nutrisi yang diperlukan oleh pohon beringin. Jika Anda menggunakan pupuk khusus yang di beli, sebaiknya mengikuti petunjuk yang di sarankan.

Perlindungan hama dan penyakit

Setiap tanaman sudah bisa di pastikan akan mendapat serangan hama atau penyakit. Tetapi tanaman bisa terlindungi dari penyakit dan hama dengan cara pengendalian kesehatan tanaman. Perhatikan tanda-tanda serangan hama dan penyakit pada pohon beringin. Anda dapat menggunakan insektisida atau fungisida yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut.

Budidaya bonsai pohon beringin dapat di lakukan dengan memperbanyak tanaman

Jika Anda ingin mengembangkan lebih banyak pohon beringin, Anda dapat mencoba metode perbanyakan seperti stek dan cangkok. Sebaiknya memperbanyak pohon beringin di lakukan pada tanaman yang subur dan sehat.

Pemindahan tanaman untuk budidaya bonsai pohon beringin

Pohon beringin memiliki akar yang kuat dan besar, jadi Anda perlu memindahkan tanaman ke tempat yang lain. Seperti halnya jika Anda akan membuat bonsai beringin, sebaiknya Anda memindahkan tanaman ke dalam sebuah pot. Dengan begitu akan lebih mudah merawat serta memulai membentuk bonsai, mulai dari pemangkasan dan pengkawatan batang tanaman.

Demikianlah, artikel yang kami ulas untuk cara budidaya bonsai pohon beringin.

Baca juga: Teknik Budidaya Bonsai

Was this helpful?

0 / 0

Tinggalkan Balasan 2

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Bonsai Bunjin Tegak Lurus - BONSAI ID

Bonsai Bunjin Tegak Lurus - BONSAI ID

[…] Baca juga: Budidaya Bonsai Pohon Beringin […]

Bonsai Gaya Miring Slating

Bonsai Gaya Miring Slating

[…] Baca juga: Budidaya Bonsai Pohon Beringin […]

Pohon Bonsai

Bonsai ID : Budidaya Pohon Bonsai