Seni Tanaman Bonsai: Sejarah dan Filosofi

Seni Tanaman Bonsai: Sejarah dan Filosofi

Seni Tanaman Bonsai: Sejarah dan Filosofi

Kali ini kita akan melakukan pembahasan mengenai seni tanaman bonsai. Pohon hias ini mempunyai berbagai macam jenis tanaman yang dapat di buat menjadi bonsai. Tanaman ini terkenal dengan keindahan dan kecantikan pada bagian batang dan akar.

Pengertian Seni Tanaman Bonsai

Seni tanaman bonsai dapat di lihat melalui bentuk dan tampilan yang indah dan menarik. Bonsai sendiri dapat menghasilkan suatu karya seni yang cukup menakjubkan. Pohon ini biasanya di gunakan untuk hiasan kamar atau ruangan rumah.

Sejarah Seni Tanaman Bonsai

Menurut dari buku berjudul Budidaya Bonsai yang di karang oleh Iswarta Bima pada tahun 2019. Tanaman bonsai menggunakan penjelasan dari bahasa jepang, yaitu bon yang berarti adalah pot dan sai merupakan tanaman.

Dengan demikian, pohon bonsai bisa di jelaskan sebagai tanaman yang di kecil kan dan di kembangkan ke dalam pot. Tapi, tak semua tanaman dalam pot bisa di bilang bonsai. Jika tidak mempunyai berbagai kriteria dari pohon bonsai tersebut.

Kerdil dalam seni bonsai merupakan tanaman yang mempunyai penampilan lebih kecil daripada tanaman original nya.

Oleh karena itu, tanaman yang terdapat di semak, meskipun memiliki tinggi kurang dari dua meter. Tidak bisa di sebut kerdil karena tinggi asli dari tanaman itu hanya sekitar satu meter. Namun, meskipun nama bonsai di ambil dari negara Jepang, pelopor pertama kesenian bonsai yaitu China.

Seni bonsai pada zaman dahulu pertama muncul di negara China saat pemerintahan dinasti Tsin pada masehi (265-420). Di masa dinasti Tang tersebut (618-907), seni mengecilkan tanaman ini semakin di gemari dan diminati oleh berbagai kalangan usia. Itulah mengapa kamu dapat melihat tanaman bonsai ada di dalam lukisan-lukisan yang di bikin pada zaman dahulu.

Masyarakat China pada waktu itu tidak mengenal istilah bonsai. Sekarang ini, seni pemotongan dan pemangkasan tanaman biasa dibilang penjing o dan seni tersebut cukup di sukai banyak orang.

Perkembangan pesat masa itu dari penjing dilakukan oleh para biksu yang memiliki agama Tao. Yang dimana tanaman ini di sebut menjelaskan salah satu pokok ajaran agama mereka. Seperti penciptaan untuk keseimbangan kehidupan dan keharmonisan manusia bersama alam.

Jepang Pengembang Tanaman Bonsai

Pada masa dinasti Yuan. Mulai dari pejabat, mahasiswa, hingga pedagang dari jepang membawa pohon bonsai ke negaranya. Yang kemudian sampai saat ini berkembang pesat hingga keseluruh dunia.

Sementara nama bonsai sendiri telah muncul pada saat pemerintahan Kamakura tahun 1333, yang tercatat dalam buku berjudul Kasuga Srhire.

Sejak zaman Kamakura, tanaman kecil ini mulai semakin di minati yang pada akhirnya mencakup seluruh elemen masyarakat.

Tanaman bonsai makin di minati pada masa pemerintahan Edo (1615-1867). Terutama setelah di pilih sebagai pohon yang memberikan warna dalam memperindah lukisan dan syair. Tapi, idealisme dan pembahasan pohon bonsai semakin memasuki zaman modern serta terjadi kemajuan era seperti ini telah banyak berubah.

Bagi negara jepang sendiri bonsai adalah sebuah perpaduan dari kepercayaan kuno yang cukup kuat. Dengan bentuk keyakinan dan keselarasan antara manusia, batin, dan alam. Pada tahun 1914 silam di adakan pertunjukan dan pameran bonsai di jepang untuk pertama kalinya. Hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan antusias dan perhatian beragam masyarakat terhadap seni bonsai.

Sejak tahun 1934 sampai saat ini cukup sering di gelar pameran setiap tahun di Museum Seni Metropolitan. Pertunjukan tersebut mengutamakan hasil karya bonsai-bonsai yang sangat menarik dan unik.

Dari sini lah pohon bonsai menjadi pusat perhatian hingga ke berbagai penjuru dunia, termasuk negara Indonesia. Bahkan, hingga sekarang ini, seni mengecilkan pohon tidak cuma milik bangsa China atau jepang. Namun sudah menjadi milik seluruh orang di seluruh dunia.

Filosofi Seni Tanaman Bonsai

Bonsai merupakan bentuk seni kuno yang sampai saat ini sudah dipraktikkan di berbagai penjuru dunia. Namun pohon bonsai sendiri harus tetap mengikuti prinsip desain dan bentuk nya, seperti lukisan.

Oleh karena itu, orang-orang mengembangkan bonsai harus mempunyai pemahaman mendalam mengenai karakteristik alam. Menurut kami bentuk bonsai yang baik harus mempunyai ciri-ciri seperti indah secara artistik dan terlihat cantik.

Komponen dan komposisi pada pohon bonsai yaitu akar, batang, daun, dan cabang. Komposisi tersebut merupakan sebuah penataan komponen-komponen secara menyatu dalam bentuk karya. Yang di mana dapat menyatu juga memberikan rasa sejuk dan kenyamanan bagi yang melihat nya.

Jenis-jenis Tanaman Bonsai

Pohon binsai sendiri dapat kamu gunakan untuk mempercantik ruangan rumah dan menyejukan pandangan. Pada zaman sekarang ini banyak sekali orang-orang yang memiliki hobi menanam bonsai, mulai daei anak kecil hingga orang dewasa.

Bagi kamu yang belum mengetahui jenis-jenis tanaman bonsai bisa simak daftar nya berikut ini.

1. Seni Tanaman Bonsai Adenium

Adenium sendiri merupakan bunga dari negara Afrika dan Arab yang mempunyai warna unik dan cantik. Warna pada tanaman ini cukup beraneka macam seperti ungu, putih, dan biru. Ke beradaan tanaman ini akan membuat rumah kamu terlihat lebih cerah dan berwarna.

2. Pohon Bonsai Bougenville

Bougenville atau yang sering di sebut sebagai bunga kertas yaitu salah satu pohon bonsai yang cukup banyak di kembangkan. Dan di minati masyarakat Indonesia. Tanaman ini dapat di jadikan bonsai yang mempunyai nilai jual sangat tinggi. Bentuk pohon bonsai ini cukup menarik dan menakjubkan untuk di pajang di halaman rumah. Baca juga: Bonsai Bougenville

Bila kamu tertarik dengan pohon bonsai tersebut, kamu dapat membeli nya terlebih dahulu bibit dewasa yang sudah siap di bentuk. Harga dari tanaman tersebut menurut kami cukup mahal, kamu perlu menyiapkan budget 3 jutaan.

3. Seni Tanaman Bonsai Azalea

Tanaman selanjutnya yang dapat di gunakan untuk bonsai adalah Azalea. Pohon ini dapat bermanfaat dan membantu kamu dalam mempercantik teras rumah. Tanaman dari Jepang ini banyak sekali di cari oleh berbagai kalangan usia.

Bentuk dan tampilan yang di tawarkan oleh tanaman ini memiliki kesempurnaan yang cukup baik. Bila kamu tertarik dan ingin membuat seni tanaman bonsai dari tanaman ini cukup membeli bibit kecil di toko pertanian. Harga dari bibit yang kecil sekitar 40 ribuan. Pohon ini juga memiliki warna merah muda sehingga daya tarik sendiri bagi yang memelihara nya.

4. Pohon Bonsai Asam Belanda

Jika Anda merupakan pengemar pohon bonsai lama, tentunya pohon bonsai yang satu ini sudah tidak asing lagi di komunitas tanaman hias.

Asam belanda atau yang terkenal dengan nama asam londo merupakan pohon peneduh yang mempunyai daun rindang.

Batang dan cabang nya tidak tersusun secara rapi, namun nyatanya tanaman ini dapat menimbulkan nilai seni yang berbeda. Sehingga banyak orang yang menyukai jenis bonsai tersebut.

Tanaman ini juga terkenal dengan kemudahan pada saat perawatan. Jadi buat Anda yang sering sibuk dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Anda tidak perlu khawatir soal perkembangan pohon bonsai ini. Karena pohon ini dapat hidup sendirì dan hanya membutuhkan sedikit sentuhan saja. Seperti menyiram air pada pot setiap pagi dan sore.

5. Pohon Bonsai Asam Jawa

Pohon asam jawa adalah salah satu jenis tanaman hias bonsai terbaik pada zaman sekarang. Tanaman ini cukup cocok di buat menjadi bonsai. Karena mempunyai bentuk struktur batang yang sangat kuat dan pertumbuhan nya cepat. Sehingga tidak akan mudah patah saat di bentuk dengan pola tertentu.

Pembuatan bonsai pada tanaman ini cukup ringkas dan tidak terlalu sulit. Bahkan bagi pemula yang baru menanam bonsai akan mudah untuk melakukan nya.

6. Pohon Bonsai Beringin

Jenis tanaman bonsai yang satu ini lebih terkenal di bandingkan bonsai Azelea dan Asam jawa. Pasalnya, pohon bonsai ini tidak gampang mati dan dapat bertahan hidup panjang serta mempunyai bentuk yang terlihat lebih besar.

Tanaman beringin ini tidak mudah mati karena mempunyai daya tahan dan kemampuan adaptasi yang cukup baik terhadap kondisi cuaca.

Selain itu, daya tarik pada tanaman hias yang satu ini memiliki bentuk batang dan akarnya yang cukup aktratif. Sehingga banyak yang menyukai dan ingin merawat nya hingga menjadi pohon bonsai dewasa.

7. Pohon Bonsai Kimeng

Kimeng merupakan salah satu jenis tanaman beringin yang memiliki pohon yang cukup mudah untuk tumbuh. Hal ini cukup membedakan jenis tanaman ini dengan jenis beringin lainnya yaitu bagian batang dan ranting bonsai mempunyai warna putih cerah.

Jika Anda rawat secara baik dan benar. Ukuran yang besar dan bentuk nya yang sangat menarik menjadikan daya tarik yang membikin tanaman ini mempunyai nilai jual cukup tinggi.

8. Pohon Bonsai Cemara Udang

Mempunyai karakteristik daun yang terlihat lebih ramping dan batang yang terlihat lebih besar. Tanaman cemara udang juga sering kali terkenal dengan nama cemara jarum. Bentuk dari tanaman ini cukup menarik dan sangat cocok di gunakan untuk mempercantik tampilan ruang tamu.

Tanaman ini mudah sekali di rawat dan hanya membutuhkan sedikit cahaya sinar matahari. Jadi, Anda dapat meletakan pohon bonsai ini ke dalam rumah. Bagi pemula yang ingin mengembangkan bonsai tanaman ini kami rekomendasikan sekali.

Akhir Kata

Jadi itulah penjelasan lengkap mengenai seni tanaman bonsai yang dapat kamu pelajari dan Budidayakan. Semoga artikel yang kami update ini bisa membantu kamu dalam mengetahui informasi tanaman hias terbaik sepanjang masa. Terima kasih.

Was this helpful?

0 / 0

Tinggalkan Balasan 1

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tips Perawatan Bonsai yang perlu diperhatikan

Tips Perawatan Bonsai yang perlu diperhatikan

[…] Baca juga : Seni Tanaman Bonsai […]

Pohon Bonsai

Bonsai ID : Budidaya Pohon Bonsai